Minggu, 02 Desember 2012

Model data part 2

Hmmm, saya menulis judul "Model Data Part 2" itu karena, teman- teman saya menulis dengan judul yang sama :)

Menurut penjelasan teman- teman saya, karena pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak yang dibawakan oleh Dosen saya Pak Sofyan mengenai Model data sama seperti dalam pelajaran sebelumnya Analisis Sistem Informasi :))

Tapi dalam pelajaran kali ini, kami diberikan contoh lain dari biasanya.
Contoh yang kami terima, rasanya agak sulit karena awalnya kami kurang mengetahui apa itu "Artis figuran".

Kami ternyata disuruh mengelompokkan seperti yang dikatakan teman kelompok saya ---> milgevia dalam blognya http://milgevia.blogspot.com/ 
(hubungan antara artis figuran, scene dan kategorinya.)

Tetapi pada awalnya, kami mengelompokkan berdasarkan divisi casting, kategori, dan bagian persiapan umum. (Divisi casting yang kami maksud dsn adalah awal mulanya seseorang ikut casting melalui pendaftaran- pendaftaran yang ditangani langsung oleh bagian casting itu sendiri.)

Nah setelah kami mengelompokkan seperti diatas, kami membuatnya dalam bentuk ERD dan kami juga memasukkan relasi dan kardinalitas / modalitasnya.

Akhir kata, pembuatan ERD kelompok saya itu memacu pada Model Data (sama seperti blog saya yang lalu).

"Model data merupakan bagian dari kebutuhan pemodelan sistem/ perangkat lunak secara keseluruhan, yang mencakup didalamnya kebutuhan untuk membuat, memperluas/ bersinggungan dengan basis data " - Roger S.Pressman ,Ph.D.

 Sekian penjelasan saya mengenai Model Data, selanjutnya saya akan membahas Model fungsi :)
(ps : saya sedang dalam masa ijin tidak kuliah lho :p, hebatkan msh hafal tentang materi 2 minggu lalu wkwk )

Good night readers :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar