Jumat, 05 Oktober 2012

Rekayasa Perangkat Lunak :)

Hmmm, terakhir kali saya menulis blog mengenai Analisis Proses Bisnis dan sekarang saya akan menulis mengenai Rekayasa Perangkat Lunak

Hey bloggers :)
Tahukah Anda?
Saya sekarang kuliah di STMIK KHARISMA MAKASSAR dan dosen saya yang mengajari Analisis Proses Bisnis dan Rekayasa Perangkat Lunak adalah orang yang sama :)
Dosen saya bernama Bapak Sofyan Thayf, beliau juga memiliki blog lho ---> sofyanthayf.blogspot.com

Hari ini beliau telah mengajarkan kepada saya, apa itu Rekayasa Perangkat Lunak...

Dan menurut kesimpulan saya, Rekayasa Perangkat Lunak dalam Bahasa Inggris yaitu Software Engineering
Dari namanya saja, kita sudah mengetahui bahwa pasti berhubungan dengan software...

Seperti yang saya di ajarkan dari dulu semenjak mengetahui software itu apa, saya menyimpulkan bahwa software adalah kumpulan data- data dalam sebuah komputer dimana dapat mengolah data sesuai kebutuhan...

Contohnya : Microsoft word, saya sekarang menulis blog ini menggunakan fasilitas microsoft word juga kan ;;)

Setelah mempelajari materi hari ini, ternyata software juga memiliki sifat, salah satunya yang saya ketahui :
  • Software akan bagus digunakan seiring waktu (tanpa mengalami perubahan) 
  • Dan jika software selalu mengalami perubahan, penurunan kualitas akan berjalan seiring waktu...
Saya memiliki contoh sederhana :D
Misalnya : Setiap manusia pasti memiliki rasa ketidak puasaan terhadap dirinya.
                Terutama di daerah Korea, banyak terjadi yang namanya operasi plastik.
                Mereka sama seperti software, akan cantik dan menarik seiring waktu.
                Tetapi jika mereka selalu melakukan perubahan diri dengan cara operasi plastik,
                maka mereka akan mengalami penurunan kualitas (re: cepat keriput, dll)

BACK TO THE TOPIC haha,

Selain software, kami juga di ajarkan apa itu waterfall mode (tetapi dengan cara yang gampang dengan melalui pernainan yang seru habisssssssssss )
Hmmm, rasanya cerita tentang permainan tersebut tidak akan selesai deh :D
Jadi, saya akan menyimpannya sndiri HAHAHA !

Last but not least, yang saya ingin ketahui bahwa : Dalam waterfall mode, terdapat Analisis, Desain Sistem, Penulisan kode program ( apa hubungannya menulis kode program dengan mendapatkan sistem informasi yang baik? )
Apakah tidak ada cara lain, selain menulis menggunakan kode program? :( 
           Misalnya dengan cara manual? :'( 



                




Tidak ada komentar:

Posting Komentar